• Jelajahi

    Copyright © Kanal Sumut
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Monetize your website traffic with yX Media

    DPRD Sumut Apresiasi PLN Siapkan Skema Perlindungan Pelanggan Pasca Kenaikan Tarif Listrik

    Senin, 15 Juni 2020, Juni 15, 2020 WIB Last Updated 2020-06-15T09:27:05Z
    yX Media - Monetize your website traffic with us
    yX Media - Monetize your website traffic with us



    Untuk menepis isu tarif dasar listrik (TDL) yang naik,  PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara menyiapkan skema perlindungan untuk pelanggan listrik, terkait lonjakan tagihan listrik yang terjadi di Bulan Juni 2020 pada masyarakat.

    Skema ini dilakukan untuk mengurangi keterkejutan pelanggan listrik rumah tangga, karena tagihan listrik yang naik akibat pemakaian rata-rata yang bertambah selama masa pandemi covid-19.

    Dalam audiensi dengan ketua DPRD Sumatera Utara dan sejumlah anggota DPRD, PLN menjelaskan bila skema perlindungan pelanggan akan menghitung tagihan pada bulan Juni yang melonjak lebih dari 20 persen pada bulan Mei, akibat metode pencatatan untuk penagihan menggunakan rata-rata tiga bulan sebelum bulan Maret atau masa pandemi corona, sehingga kenaikannya akan dibayar sebanyak 40 persen dan sisanya dibagi rata dalam tagihan 3 bulan ke depan yaitu Juli, Agustus dan September 2020.

    Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, senin siang, mengapresiasi skema tersebut dan akan membantu untuk menjelaskannya kepada masyarakat,  karena beberapa waktu terakhir pengaduan masyarakat meningkat terkait isu lonjakan tagihan listrik.

    Namun pihaknya juga tetap mengingatkan, agar PLN bertindak cepat dan tidak berorientasi pada profit khususnya di masa pandemi covid-19, guna mengedepankan kebutuhan konsumsi listrik oleh masyarakat.

    "saya minta kepada PLN saat ini bantu masyarakat karena kita semua kan terdampak. jadi bagaimana jangan hanya mencari keuntungan, masyarakat bisa membayar dan pln juga tidak rugi sehingga semuanya bisa bersama, soft dia. ya itu kan hitungan PLN, bagaimana kita ini jangan hanya mencari keuntungan dan masyarakat juga tetap bisa bayar. jangan tiba-tiba dimatikan, kan kasihan masyarakat kita,"tutur Baskami

    General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Irwansyah Putra, menegaskan pihaknya akan terus menginformasikan kepada masyarakat terkait skema perlindungan terhadap lonjakan tersebut, dan akan melakukan pemeriksaan data setiap pelanggan satu per satu, guna memastikan kebijakan tersebut tepat sasaran pada pelanggan yang mengalami lonjakan tidak normal.

    "terkait dengan lonjakan pemakaian energi listrik selama masa covid-19 ini dan juga terkait dengan pelanggan pelanggan yang mendapatan subsidi daari pemerintah yaitu 450 va gratis dan 900 va ini 50 persen, dan ini juga ada yang subsidi dan yang tidak, nah ini yang kita bahas. ya tadi membahas skema juga," tegas Irwansyah. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini