• Jelajahi

    Copyright © Kanal Sumut
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Monetize your website traffic with yX Media

    Beternak Ayam Menjadi Usaha Pilihan di Tengah Masa Pandemi Covid-19

    Senin, 15 Juni 2020, Juni 15, 2020 WIB Last Updated 2020-06-15T01:42:38Z
    yX Media - Monetize your website traffic with us
    yX Media - Monetize your website traffic with us



    Tidak Sedikit pelaku usaha yang terancam gulung tikar, bahkan bangkrut selama menghadapi masa pandemi Covid-19, namun ternyata tidak dengan Harmain SH, warga Desa Dalu X B Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Ditengah karut marutnya peran pelaku usaha, Harmain malah menemukan peluang usaha baru dengan mampu menjadi swamsembada daging dan Pendapat Asli Daerah (PAD), hanya dengan menjadi peternak ayam. Selain itu peran yang ia lakoni ini dapat mengurangi angka pengangguran di setiap daerah.

     Menurutnya pelaku usaha ternak ayam merupakan usaha ekonomi kerakyatan, untuk itu harus  difaslitasi sekaligus didorong untuk meningkatkan produksi bagi ketersediaan daging dan telur ayam serta kecukupan gizi masyarakat. Pelaku usaha ternak ayam juga termasuk dalam kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang harus diproteksi bagi kelancaran usahanya ke depan.

    "Peternak ayam telah memberi kontribusi besar bagi perekonomian daerah maupun protein bagi masyarakat konsumen. Karena itu kami berharap Pemerintah harus support,"ungkap Harmain.
    Harmaini menyebutkan, kandang peternakan ayamnya tersebut dibangun sejak beberapa tahun lalu dengan kapasitas daya tampung 4.500-5000 ekor ayam pedaging.

    "Jadi selama ini ayam pedaging itu didistribusikan untuk kebutuhan masyarakat Deliserdang maupun kota Medan belum ada di pasarkan ke luar daerah. Soalnya produksi masih terbatas hanya untuk kebutuhan lokal," tuturnya.

    untuk menjaga ternak tetap sehat bugar dengan harus menjaga kandang dan lingkungannya yang bersih agar terhindar dari penyakit ayam. "Jika kita abaikan kebersihan kandang yang rugi peternak sendiri. Artinya kebersihan kandang harus menjadi prioritas kita, Karena dengan melihat kebersihan kandang ayam menjadi sehat,” katanya.(Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini